Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan di SD Negeri 009 Rambah Hilir

Authors

  • Rejeki Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jsr.v4i2.379

Keywords:

Hasil Belajar PJOK, Model Pembelajaran Inkuiri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa  Kelas V SD Negeri 009 Rambah Hilir. Model penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 5 Rambah Hilir pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri atas 44 orang yang terbagi menjadi 2 kelas. Pengambilan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik Random Sampling (acak kelas). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa. Kelas V B sebagai kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Inkuri  dan kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Metode teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan THitung sebesar  0,01279 TTabel sebesar 0,4227 sehingga THitung < TTabel yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model  pembelajaran Inkuri terhadap hasil belajar  PJOK siswa Kelas V SD Negeri 5 Rambah Hilir..

Published

2024-12-19