PENINGKATAN EKONOMI DESA MELALUI PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT WASUR KAMPUNG DALAM PEMANFAATAN HASIL ALAM (LIDI) MENJADI PIRING GANTUNG HIAS DAN PIRING MAKAN

Penulis

  • Syamsudin Universitas Musamus Merauke
  • Dewi Putri Anjar Wulan Manajemen Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.99

Abstrak

Pelatihan dengan tujuan meningkatkan kemampuan masyarakat lokal dalam membuat karya seni berbahan dasar lidi yang selama ini hanya menjadi sapu lidi dengan harga jual rendah akan dibuat menjadi piring gantung hias dan juga piring makan yang tentu memiliki harga jual lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan ekonomi kampung. Kegiatan diikuti oleh 20 pemuda dari kampung Wasur baik perempuan dan laki-laki. Luaran yang diberikan adalah publikasi di jurnal ber ISSN dan video dokumentasi kegiatan.

Referensi

Andini Ully Hikmah, dkk. (2018) ‘Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal’. Universitas Brawijaya, Malang

Iwan Sodogoron Harahap. (2018) 'Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di Desa Hanopan Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan'. Tapanuli Selatan.

Ningrum Muthia Sari. (2019) 'Pemanfaatan Tanaman Kelapa (Cocos Nucifera) Oleh Etnis Masyarakat Di Desa Kelambir Dan Desa Kubah Sentang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang', Medan.

S. Nur Fadhilah. (2019) 'Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat'. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Surya Catur. (2018) 'pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Di Desa Citengah Kabupaten Sumedang'. Universitas Pasundan, Pasundan.

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Syamsudin, & Putri Anjar Wulan, D. (2022). PENINGKATAN EKONOMI DESA MELALUI PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT WASUR KAMPUNG DALAM PEMANFAATAN HASIL ALAM (LIDI) MENJADI PIRING GANTUNG HIAS DAN PIRING MAKAN. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 144-148. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.99