Tri Satya Dan Dasa Darma Sebagai Fondasi Etika Profesi Guru Masa Depan

Penulis

  • Safrudin Universitas Rokania
  • Ramses Hutagaol Universitas Rokania
  • Rejeki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Rokania
  • Nauli Tamasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Rokania
  • Debby Indah Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v6i1.410

Kata Kunci:

Tri Satya, Dasa Darma, Professional Ethics, Teacher Character, Future Educators

Abstrak

This service program aims to internalize the values of Tri Satya and Dasa Darma Scouts in prospective teacher students. Honesty, responsibility, and care serve as ethical foundations to shape educators with strong character, integrity, and readiness to face contemporary educational challenges.

Referensi

Arifin, Z. (2018). Kontribusi Pramuka dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Hendri, H., Elfiani, F., Amelya, S., Pater, R. A., Lubis, R., Rahma, S., & Yanto, B. (2023). Penyuluhan hukum tentang legalitas hak atas tanah di Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1777–1781

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Koesoema, D.A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 dan Pendidikan Karakter. Pena Karya.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Multidimensional. Ar-Ruzz Media.

Nugraha, D. (2020). Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nuraini, E. (2020). Peran Dasa Darma Pramuka dalam Membangun Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan.

Putra, A. N. (2019). Dampak Pelatihan terhadap Kecerdasan Sosial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Karakter.

Ramadhani, R. (2021). Sensitivitas Sosial Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Sudrajat, A. (2011). Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter.

Suryana, D. (2014). Implementasi Nilai Kepramukaan di Perguruan Tinggi. Jurnal Civicus.

Susanto, A. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Prenadamedia.

Suyanto. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembangunan Nasional. Jurnal Pendidikan Nasional.

Syahidin, S. (2015). Latihan Sebagai Media Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Yulianto, A. (2018). Citraan dalam Puisi-puisi Karya Ratna Rosana, Seorang Penyair Wanita Kalimantan Selatan. Mabasan, 12(2), 151–166.

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Safrudin, Hutagaol, R., Rejeki, Tamasari, N., & Indah, D. (2025). Tri Satya Dan Dasa Darma Sebagai Fondasi Etika Profesi Guru Masa Depan. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 6(1), 538-543. https://doi.org/10.56313/jmnr.v6i1.410