Lokakarya Asesmen dalam Pembelajaran Alur MERDEKA di Sekolah Penggerak Tingkat SMP di Pekanbaru
Kata Kunci:
Kurikulum merdeka, Asesmen, PembelajaranAbstrak
Kurikulum merdeka meruoakan peralihan dari kurikulum k 13. Dimana kurikulum ini lebih berpusat pada peserta didik dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi di dalamnya. Asesmen awal merupakan langkah awal dalam mengenali karakteristik peserta didik seerta melihat kebutuhan peserta didik. Untuk itu, perlu dilakukan lokakarya untuk lebih memahami penerapan di sekolah masing-masing. Lokakarya ini dilakukan dengan alur MERDEKA yang dimulai dari diri sampai kepada rencana aksi nyata. Lokakarya dilakukan di pekanbaru yang diikuti oleh empat sekolah yaitu SMP Kalam Kudus, SMP 27 Pekanbaru, SMP N 6 Pekanbaru dan SMP N 44 Pekanbaru yang terdiri dari unsur pengawas, kepala sekolah dan guru. Kegiatan dilakukan selama 8 JP.
Referensi
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andriarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Bali, E. (2023). Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak. 3(1), 28–34.
Budiono, A. N., Karamoy, Y. K., & Ernawati, S. (2023). Fasilitasi Lokakarya Asesmen dan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Arifin Nur Budiono* Universitas Islam Jember. 3(2), 107–122.
Breux, E., & Magee, M. B. (2013). How the Best Teachers Differentiate Instruction. Routledge
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94
Yolanda, Y., Abadi, C., & Sofiarini, A. (2023). JURNAL CEMERLANG?: Pengabdian pada Masyarakat Lokakkarya Guru SD IT ANNAJAIA Lubuk Linggau Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal JURNAL CEMERLANG?: Pengabdian pada Masyarakat. 6(1), 169–182.
Yolanda, Y., & dkk. (2023). Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indones. 2(1), 32–44.
Yolanda, Y., Yanto, Y., & Artikel, S. (2024). Kapas?: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat Lokakarya Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMA Karya 45 Kabupaten Musi Rawas mengembangkan media , kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar siswa , dengan kata lain menyederhanakan . 3(1), 99–108.