PENERAPAN TEKNIK CROSS LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH RAMBAH

Penulis

  • hasrijal hasrijal Universitas Rokania
  • Rejeki PGSD Universitas Rokania
  • Safrudin PGSD Universitas Rokania
  • Purnama Wirawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Rokania
  • Mhd Dedi Saputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v5i1.295

Kata Kunci:

Keywords: Cross Line Technique, Learning Results, Mathematics

Abstrak

This training aims to improve the learning outcomes of lower grade students at SD Muhammadiyah Rambah by applying the Cross Line technique. The subjects of this training were the lower class students of SD Muhammadiyah Rambah, totaling 26 students, with a total of 16 men and 10 women. Based on the results of the training, it can be concluded that in Training 1 the number of students who completed 26 increased to 30 students who completed training 2, and increased in the 3rd training the number of students who completed it to 34 students, in the 4th training the students who completed it became 38. Thus it can be concluded that the application of the Cross Line technique can improve the learning outcomes of lower grade students at SD Muhammadiyah Rambah in multiplication material.

 

Keywords: Cross Line Technique, Learning Results, Mathematics

Referensi

Arikunto, S. 2012. Pengembangan Instrumen

Penelitian dan Penilaian Program.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arisandi, Elisa. 2014. Meningkatkan

Kemampuan Operasi Perkalian untuk

Anak Diskalkulia Melalui Metode

Garismatika. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Khusus [Online], Vol. 3. 480. Tersedia di :

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekh

u/article/view/3872 [Diakses 03 Januari

.

Auliya, M Fajar. 2012. Mastermatika Dahsyat.

Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fajrina, Zharfa Nur. 2018. Pengaruh

Penggunaan Teknik CrossLine terhadap

Kemampuan Representasi Matematis pada

Materi Perkalian Kelas III SD Al-Zahra

Indonesia. Skripsi. Jakarta : FITK UIN

Syarif Hidayatullah.

Hidayat, Rahmat & Abdillah. 2019. Ilmu

Pendidikan “Konsep, Teori dan

Aplikasinya”. Medan : Lembaga Peduli

Pengembangan Pendidikan Indonesia

(LPPPI).

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak

Usia Dini. Medan: IKAPI.

Kuntarto, Eko. 2013 Pembelajaran Calistung

Membaca, Menulis, dan Berhitung. Jambi:

E One Production.

Kusumah, W. & Dwitagama, D. 2010. Mengenal

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Indeks.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar.

Bandung: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta : Kencana.

Sariana, Nina dan Harahap, Homa P. 2017.

Pembuatan Animasi 2 Dimensi untuk

Meningkatkan Minat Belajar Perkalian

pada Para Siswa Kelas 2 Sekolah dasar

dengan Metode Frame By frame dan

Metode Cross Line. Jurnal Pendidikan.

Vol.3 No.1.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan:

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi & Arikunto, dkk. 2012. Penelitian

Tindakan Kelas Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Wijaya, K. dan Dwitagama, D. 2010. Mengenal

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.

Indeks Permata Puri Media

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

hasrijal, hasrijal, Rejeki, Safrudin, Wirawan, P., & Saputra, M. D. (2024). PENERAPAN TEKNIK CROSS LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH RAMBAH. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 5(1), 442- 448. https://doi.org/10.56313/jmnr.v5i1.295