PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PENILAIAN INSTAN DI KELAS V SD NEGERI 002 RAMBAH SAMO
DOI:
https://doi.org/10.56313/jmnr.v5i1.293Kata Kunci:
Strategi pembelajaran, Penilaian Instan, SiswaAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menyusun strategi pembelajaran yang tepat. Karena guru sebagai tenaga pendidik menjadi salah satu penentu keberhasilan pembelajaran, artinya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Guru sebagai tenaga pendidik perlu melaksanakan proses pembelajaran dan berinteraksi dengan siswa untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas. Tetapi hasil belajar siswa masih rendah, banyak siswa yang tidak mencapai KKM dalam pembelajaran. sehingga mengharuskan guru untuk memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Hasil akhir yang dicapai dalam kegiatan ini, baik secara kuantitatif maupun kualitatif adalah sebagai berikut ini. 1. Meningkatnya kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran, 2. Hasil belajar siswa dapat meningkat dengan baik, 3. Membantu guru dalam memahami strategi pembelajaran, 4. Meningkatkan kreatifitas guru, 5. Memfasilitasi guru dan siswa dengan cara melaksanakan pembelajaran yang kreatif.
Referensi
Agus, Widayoko.dkk. 2018, jurnal Analisis Program Implementa- si Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan pendekatan Goal-Based Evaluation, Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 16, No. 1.
Aulia, Akbar. 2017. Jurnal Membu- dayakan Literasi Dengan Program 6M di Sekolah Dasar, Jurnal JPSD, Vol.03, No.01.
Kementerian Pendidikan dan Ke- budayaan, 2017, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Ja- karta: Kemendikbud.
Melvin L, Silberman. 2019. Active Learning. Bandung: Nuansa Cendekia.
Wiedarti, Pangesti dkk. 2016. Desain
Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Did- aksmen.
Suherli, Kusmana. 2017. Jurnal Peran Gerakan Literasi Sekolah Da- lam Pembelajaran Kreatif- Produktif Di Sekolah Dasar, Jurnal Dewantara, Vol.03, No.01.
Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pem- belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: Kencana.