Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bagi Siswa di SMA Negeri 3 Rambah
DOI:
https://doi.org/10.56313/jmnr.v5i1.292Kata Kunci:
pelatihan menulis, cerita pendek, siswa SMAAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan menulis cerpen kepada siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler peminatan sastra di SMA Negeri 3 Rambah. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen yang menarik dengan tata bahasa yang sesuai kaidah EYD. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama empat minggu melalui pertemuan secara langsung di kelas. Siswa yang tergabung dalam kegiatan ini berjumlah tiga orang yang masing-masing siwa menghasilkan empat cerpen, sehingga total cerpen yang dihasilkan dalam kegiatan pelatihan ini adalah 12 cerpen. Adapun hasil penilaian cerpen setiap minggunya mengalami kenaikan. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan menulis cerpen yang intensif dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen bagi siswa.
Referensi
Anggraeni, F. S., Nugraha, V., & Sukawati, S. (2023). Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Berbantun Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IX. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(5), 425–438.
Inayah, Z., & Subaweh, A. M. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Peserta Didik Kelas XI SMK NU Kaplongan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 55–58.
Kosasih, E. (2003). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Kurnia, M. D., Permanaputri, D., & Rasyad, S. (2022). Pelatihan Menulis Cerita Anak Pada Siswa Sdn Sadagori Cirebon Upaya Kembangkan Kreativitas Di Masa Pandemi. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(1), 886–897.
Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.
Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif melalui Permainan Tebak Cerita. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81–87.
Nisa, E. K., Sari, F. K., & Listyanto, M. E. D. (2023). Alternatif Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Media Storyboard. AL-MIKRAJ?: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 316–324. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3605
Nofitri, Z., & Noveria, E. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis. JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(3), 80–86.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif untuk Menjadi Penulis Cerpen yang Handal. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 2(1), 229–244.
Seprasetiani, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Alihwahana Teks Hikayat Ke Bentuk Cerpen Dengan Media Mind Mapping. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 11–19.
Sumiati. (2020). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Tarigan, H. G. (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Widia, Sarnita, F., Fathurrahmaniah, & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467–473.