PELATIHAN PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS BAGI GURU SDN 027 RAMBAH

Penulis

  • Detri Amelia Candra Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania
  • Jufri Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania
  • Adyanata Lubis Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania
  • Sri Wahyudi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania
  • Agung Setiawan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania
  • Firman Santosa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v4i1.217

Kata Kunci:

Browsing, Cloud Storage, Internet.

Abstrak

Internet  di era digital sekarang ini sangat penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Internet kebanyakan digunakan sebagai media untuk mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia dengan efektif, akurat, hemat, dan efisien. Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya Internet dengan segala fungsinya di antaranya surfing, browsing, email, dan cloud storge telah menjadi kebutuhan bagi banyak kalangan. Manfaat internet di bidang pendidikan merupakan faktor yang penting dalam membantu proses belajar mengajar. Internet membantu para guru dalam mencari informasi terkait kurikulum, modul, artikel, jurnal, referensi penunjang, pengetahuan umum, bisa membuat bahan ajar yang menarik dan dapat menyampaikannya kepada para siswa seatraktif mungkin serta dapat menyimpan bahan ajar tersebut secara  digital (cloud storage) yang aman dari kehilangan data dan bisa sharing  kepada sesama guru dan siswanya secara realtime. Pemanfaatan Teknologi Informasi dapat mempermudah guru untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam pengembangan materi pelajaran di kelas. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan dan pelatihan bagi guru  SD Negeri 027 Rambah ini berguna meningkatkan kemampuan mengoperasikan Internet sehingga guru dapat memperoleh bahan ajar yang  menarik sehingga membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dan menciptakan ruang bagi guru dan siswa untuk terlibat dalam sistem belajar mengajar yang lebih menyenangkan

Referensi

Chandra DA, Santosa F. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania Hal?: 227-233 Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sekolah Smk N 1 Rokan Iv Koto Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania. 2022;3:227–33.

Setiawan HS. Pelatihan Guru dalam Penggunaan Internet of Things pada Madrasah Darussa’adah. E-Dimas J Pengabdi Kpd Masy. 2018;9(2):167.

Myori DE, Chaniago K, Hidayat R, Eliza F, Fadli R. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Tek Elektro dan Vokasional). 2019;5(2):102.

Kosanke RM. Pelatihan Pengelolaan Kelas Online Bagi Guru SMK Negeri 1 Sukoharjo. 2019;0631128902(September).

Tiharita R. Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning. OIKOS J Kaji Pendidik Ekon dan Ilmu Ekon. 2018;II(c).

Santiko I, Rosidi R. Pemanfaatan Private Cloud Storage Sebagai Media Penyimpanan Data E-Learning Pada Lembaga Pendidikan. J Tek Inform. 2018;10(2):137–46.

Diterbitkan

2023-04-21

Cara Mengutip

Amelia Candra, D., Jufri, Lubis, A., Wahyudi, S., Setiawan, A., & Santosa, F. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS BAGI GURU SDN 027 RAMBAH. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 4(1), 330-341. https://doi.org/10.56313/jmnr.v4i1.217