PENGEMBANGAN LITERASI MELALUI POJOK BACA DI SD NEGERI 004 RAMBAH SAMO DESA LANGKITIN KABUPATEN ROKAN HULU

Penulis

  • Rita Arianti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Asih Ria Ningsih Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Misra Nofrita Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Nuratika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Fadlan Minallah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Desi Wulandari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v4i1.214

Kata Kunci:

literasi, pojok, baca

Abstrak

Tujuan kegiatan PkM ini adalah peningkatan minat siswa untuk membaca, menulis, dan belajar agar menambah pengetahuannya melalui pengembangan pojok baca di setiap kelas di SD Negeri 004 Rambah Samo. Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara. GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Metode kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua sesi yaitu penjelasan materi dan latihan menulis puisi, serta pengembangan pojok baca. Peserta yang mengikuti kegiatan PkM ini adalah sebanyak  30 orang siswa, dan 7 orang guru kelas.  Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya kesalahan siswa dalam menulis puisi antara lain: (1) kesulitan siswa dalam memilih diksi konotatif dalam menulis bait puisi, (2) tidak mampu memilih tema puisi yang menarik, (3)  kesulitan menggunakan citraan dan majas dalam puisi. Selanjutnya permasalahan yang ditemui dalam pengembangan pojok baca di SD Negeri 004 Rambah Samo yaitu (1) kurangnya ketersediaan buku-buku bacaan yang terbaru untuk siswa, (2) penataan buku-buku yang kurang optimal dan menarik,(3) kurangnya ketersediaan rak dan meja tempat membaca bagi siswa, dan (4) belum tersusunnya jadwal membaca siswa dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan guru dalam pengembangan pojok baca adalah pengaturan jadwal kegiatan literasi siswa dengan baik, perlunya penambahan sumber buku bacaan anak-anak,  dan perlunya semangat guru dalam memotivasi anak dalam membaca.

 

 

 

Referensi

Afriati, A., Jamaludin, U., & Ngulwiyah, I. (2021). Optimalisasi Minat Baca Melalui Program Pojok Baca Di Kelas V MIN 1 Kota Cilegon. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 81. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.852

Anugrah, W,D.,Saufa, A, F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Farrahhatni, F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD N Semanan 04 Pagi. Pendidikan Tambusai, 6(2), 10242–10249

Afriati, A., Jamaludin, U., & Ngulwiyah, I. (2021). Optimalisasi Minat Baca Melalui Program Pojok Baca Di Kelas V MIN 1 Kota Cilegon. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 81. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.852

Anugrah, W,D.,Saufa, A, F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Farrahhatni, F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD N Semanan 04 Pagi. Pendidikan Tambusai, 6(2), 10242–10249.

Fauzan, S., Pramesti, W., Putra, V, D, A. (2021). Menumbuhkan Minat Baca Anak sebagai Bagian dari Gerakan Literasi Nasional Melalui Pembuatan Pojok Baca Desa Karangan. Abidumasy, 02(02), 26–32. ejournal.unhasy.ac.id/indeks.php/

Habiburrahman, & Fatmawati, R. (2020). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Digital Melalui Pojok Baca Interaktif Ramah Anak. Abdi Humaniora, 1(2), 57–64. https://doi.org/10.24036/abdi-humaniora.v1i2.107177

Hidayat, Heri., & Nayren, J. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

Widiyanti, D, I., & Lovett, M, M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Program “Pojok Baca” Pt Pertamina Ep Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. Scriptura, 11(2), 85–95. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.2.85-

Diterbitkan

2023-04-21

Cara Mengutip

Arianti, R., Ria Ningsih, A., Nofrita, M., Nuratika, Minallah, F., & Wulandari, D. (2023). PENGEMBANGAN LITERASI MELALUI POJOK BACA DI SD NEGERI 004 RAMBAH SAMO DESA LANGKITIN KABUPATEN ROKAN HULU. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 4(1), 283-289. https://doi.org/10.56313/jmnr.v4i1.214