MANAJEMEN KELAS KREATIF BAGI GURU SD NEGERI 018 RAM-BAH SAMO SEBAGAI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATAP MUKA TERBATAS PASCA COVID 19
Kata Kunci:
Manajemen Kelas, Implementasi, GuruAbstrak
Guru sebagai tenaga pendidik menjadi salah satu penentu keberhasilan pembelajaran, artinya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, guru sebagai tenaga pendidik perlu melaksanakan proses pembelajaran dan berinteraksi dengan siswa untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas. Tetapi munculnya wabah penyakit covid-19 membuat semua kegiatan pembelajaran di sekolah menjadi terhenti, setelah hampir selama 2 tahun kebijakan belajar dari rumah atau daring diterapkan pemerintah, baru-baru ini pemerintah mengeluarkan kebijakan memperbolehkan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) terbatas. Hasil akhir yang dicapai dalam kegiatan ini, baik secara kuantitatif maupun kualitatif adalah sebagai berikut ini. 1. Meningkatnya kemampuan guru dalam manajemen kelas kreatif, 2. Tenaga pendidik khususnya guru dapat terlibat dalam menerapkan manajemen kelas kreatif, 3. Membantu guru dalam memahami pelaksanaan manajemen kelas kreatif, 4. Meningkatkan kreatifitas guru, 5. Memfasilitasi guru dan siswa dengan cara melaksanakan manajemen kelas kreatif
Referensi
Rinja Efendi. Jurnal basicedu. Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 002 Kec Rambah Samo. 2019;3:788–94.
Jumaena. Manajemen Kelas Guru Profesional Pada Sekolah Fa-vorit Di Kabupaten Gowa (Studi Pada Sekolah Dengan Kelas Padat). Pasca Sarjana, Univ Negeri Makasar [Inter-net]. 2018; Available from: http://eprints.unm.ac.id/12656/1/ARTIKEL.pdf.
Rohmah J. Pengaruh Manajemen Pengelolaan Kelas Terhadap Kreativitas. 2019;19(November):224–47.
A. Adeyemo S. The Relationship Be-tween Effective Classroom Management and Students’ Academic Achievement. Eur J Educ Stud Vol 4 Issue 3. 2012;4(3):367–81.
Sunday N. Relationship between sci-ence teachers ’ classroom management effectiveness and students ’ outcomes in chemis-try. 2014;1(1):11–4.