PELATIHAN MENDONGENG FABEL BAGI SISWA KELAS IV SD INAYAH TERPADU UJUNGBATU

Penulis

  • Asih Ria Ningsih STKIP Rokania
  • Hermawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Rita Arianti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Misra Nofrita Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Muslim Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Uzlah Ilmi Irwan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Disnia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania

Kata Kunci:

Mendongeng Fabel, Pelatihan, siswa sekolah dasar

Abstrak

Salah satu cara untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar adalah dengan kegiatan mendongeng dan bercerita. Mendongeng merupakan aktivitas yang sering dijumpai pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang menarik bagi siswa dalam mengenal buku bacaan, sehingga diharapkan siswa menjadi tertarik kepada buku dan berminat untuk membaca buku. Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pelatihan Mendongeng Fabel Bagi Siswa Kelas IV SD Inayah Terpadu Ujungbatu”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Inayah Terpadu Ujungbatu, dengan cara tatap muka, praktik mendongeng dan praktik bercerita. Peserta kegiatan adalah siswa kelas IV. Kegiatan terdiri dari persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan mendongeng dan bercerita selama lebih kurang satu bulan, dan kegiatan penutupan yang diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pihak sekolah dan walikelas serta reward bagi siswa yang aktiv tampil kedepan kelas.

Referensi

Mariasari, Septi, Rosyid Dodiyanto, and Indriyati Hadiningrum. 2019. “‘ Kegiatan Mendongeng Dan Bercerita Untuk Meningkatkanminat Baca Siswa Sekolah Dasar .’” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers LPPM Unosed, 416–24.

Brown, D. 2000. Teching by Princi-ples. Cameron, L. 2001. Teach-ing Languages toYoung Lerner. Cambridge: CUP. II

Ellis, R. 1994. Second Language Acquisition. Oxford: OUP

Febriana, M., Nurkamto, J., Rochsantiningsih, D.,& Muhtia, A. (2018). Teaching in Rural Indonesian Schools : Teachers ’ Challenges. International Journal of Multicultural and Multireligious Understand-ing, 5(5), 11–20. Retrieved from https://ijmmu.com/index. php/ijmmu/article/view/305/232

Diterbitkan

2023-04-21

Cara Mengutip

Ria Ningsih, A., Hermawan, Arianti, R., Nofrita, M., Muslim, Ilmi Irwan, U., & Disnia. (2023). PELATIHAN MENDONGENG FABEL BAGI SISWA KELAS IV SD INAYAH TERPADU UJUNGBATU. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 4(1), 290-298. Diambil dari https://e-jurnal.rokania.ac.id/index.php/jmnr/article/view/210