PELATIHAN LITERASI MENULIS ESAI DAN PUISI BAGI GURU DAN SISWA SMP ISLAM AL-MUFLIHUN PASIR PENGARAIAN

Penulis

  • Rita Arianti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Asih Ria Ningsih Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Misra Nofrita Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Hermawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Muslim Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Indriani Nisja Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Sumbar
  • Sri Mures Walef Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Abdi Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.177

Kata Kunci:

esai, puisi, pelatihan

Abstrak

Tujuan kegiatan PkM ini adalah untuk melatih guru-guru SMP Islam Al-Muflihun dalam menulis esai dan siswa-siswa dalam menulis puisi sehingga melahirkan karya yang baik dan layak terbit. Metode kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua sesi yaitu penjelasan materi dan latihan menulis esai dan puisi. Peserta yang mengikuti kegiatan PkM ini adalah sebanyak 42 orang siswa yang menghasilkan sebanyak 42 puisi, 8 orang guru yang menghasilkan 8 esai.  Hasil pengabdian ini menunjukkan ada 3 kesalahan yang dilakukan guru dalam menulis esai antara lain: (1) kesulitan dalam menemukan topik  tulisan, (2) kesulitan dalam memilih diksi, (3)  tulisan belum tersistematik dengan baik, dan (4) penggunaan ejaan dan kalimat efektif yang belum sesuai. Selanjutnya kesalahan yang dilakukan siswa dalam  menulis puisi yaitu (1) siswa kesulitan menemukan tema puisi, (2) kesulitan merangkai kata dalam puisi, dan (3) kesulitan dalam menggunakan majas dan citraan dalam puisi. Respon peserta terhadap kegiatan dapat dikategorikan sangat baik (4,20), sedangkan pengetahuan peserta mengenai esai dan puisi tergolong baik, dengan nilai rata-rata masing-masing 3,25. Hal yang masih perlu diperhatikan oleh guru dalam menulis esai adalah pemilihan topik yang menarik dan aktual, penulisan kalimat efektif yang benar, dan pengembangan paragraf yang baik. Sedangkan hal yang perlu diperhatikan siswa dalam menulis puisi adalah pemilihan diksi konotatif dalam puisi, penggunaan citraan dan majas dalam puisi, dan variasi kata dalam sebuah puisi.

Referensi

Anggraini, A. E., & & Solihatulmilah, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pemodelan. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 3(2), 2020. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Budiyono, H., & & Aryanti, P. T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Peta Konsep Dan Penalaran Terhadap Kemampuan Menulis Esai Mahasiswa. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 44(1), 086–098. https://doi.org/10.17977/um015v44i12016p086

Khuzaemah, E., & Herawati, L. (2017). Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Berbasis Life Skills. Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 148. https://doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1360

Marsela, N. R., Sumiharti, S., & Wahyuni, U. (2018). Analisis Citraan Dalam Antologi Puisi Rumah Cinta Karya Penyair Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 57. https://doi.org/10.33087/aksara.v2i2.73

Maryam, S. (2007). Pengembangan Kreativitas berbahasa dalam Menulis Esai. Educationist, 2(2), 103–115. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/ED

Anggraini, A. E., & & Solihatulmilah, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pemodelan. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 3(2), 2020. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Budiyono, H., & & Aryanti, P. T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Peta Konsep Dan Penalaran Terhadap Kemampuan Menulis Esai Mahasiswa. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 44(1), 086–098. https://doi.org/10.17977/um015v44i12016p086

Khuzaemah, E., & Herawati, L. (2017). Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Berbasis Life Skills. Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 148. https://doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1360

Marsela, N. R., Sumiharti, S., & Wahyuni, U. (2018). Analisis Citraan Dalam Antologi Puisi Rumah Cinta Karya Penyair Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 57. https://doi.org/10.33087/aksara.v2i2.73

Maryam, S. (2007). Pengembangan Kreativitas berbahasa dalam Menulis Esai. Educationist, 2(2), 103–115. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._2-Juli_2007/5_Siti_Maryam_Layout2rev.pdf

Numertayasa, I. W., & Sutama, M. (2013). Analisis Wacana Esai Kajian Struktur Supra, Mikro dan Makro pada Esai Hasil Pelatihan Menulis Esai Sekolah Menengah Se-Kecamatan Rendang Tahun 2011. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/704

Oktaviantina, A. D. (2020). Citraan Dalam Kumpulan Puisi Abdul Salam Hs “Malaikat Waringin.” BEBASAN Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 6(2),137. https://doi.org/10.26499/bebasan.v6i2.118

Pujiono, S. (2013). Penerapan Strategi Catalisting Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai. Litera, 10(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/ltr.v10i2.1155

Yulianto, A. (2018). Citraan dalam Puisi-puisi Karya Ratna Rosana, Seorang Penyair Wanita Kalimantan Selatan. Mabasan, 12(2), 151–166.

Diterbitkan

2022-10-04

Cara Mengutip

Arianti, R., Ria Ningsih, A., Nofrita, M., Hermawan, Muslim, Nisja, I., & Mures Walef, S. (2022). PELATIHAN LITERASI MENULIS ESAI DAN PUISI BAGI GURU DAN SISWA SMP ISLAM AL-MUFLIHUN PASIR PENGARAIAN. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(2), 214-221. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.177