PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PIKIRAN YANG PENUH TAN-YA SELALU INGIN MENGETAHUI DI KELAS V SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO

Penulis

  • Rinja Efendi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania
  • Elvina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania
  • Hasrijal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.175

Kata Kunci:

Pelatihan, Strategi pembelajaran, Siswa

Abstrak

Belajar mengajar merupakan dua konsep yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, belajar merujuk pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subjek yang menerima pelajaran (siswa) dengan upaya mendapatkan pengetahuan dan mengubah perilaku, maka sudah jelas dalam kegiatan belajar mengajar tentunya akan ada guru dan siswa yang melakukan kegiatan tersebut. Pembelajaran di sekolah dasar memerlukan pembaharuan yang dapat memberikan suasana baru kepada siswa dalam pembelajaran. Guru sebagai penentu arah pembelajaran harus mengupagrade pengetahuan dan mencari informasi mengenai strategi yang cocok digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran saat ini. Hasil akhir yang dicapai dalam kegiatan ini, baik secara kuantitatif maupun kualitatif adalah sebagai berikut ini. 1. Meningkatnya minat siswa terhadap pembelajaran tematik, 2. Tenaga pendidik khususnya guru dapat terlibat dalam menerapkan strategi pikiran yang penuh tanda tanya selalu ingin mengetahui, 3. Membantu siswa dalam meningkatkan minat menjawab pertanyaan guru, 4. Meningkatkan pemahaman siswa dalam berpikir, 5. Memfasilitasi siswa dengan cara berpasangan.

Referensi

Agus, Widayoko.dkk. 2018, jurnal Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan pendekatan Goal-Based Evaluation, Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 16, No. 1.

Aulia, Akbar. 2017. Jurnal Membu-dayakan Literasi Dengan Pro-gram 6M di Sekolah Dasar, Jurnal JPSD, Vol.03, No.01.

Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan, 2017, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Ja-karta: Kemendikbud.

Melvin L, Silberman. 2019. Active Learning. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wiedarti, Pangesti dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Did-aksmen.

Suherli, Kusmana. 2017. Jurnal Peran Gerakan Literasi Sekolah Da-lam Pembelajaran Kreatif-Produktif Di Sekolah Dasar, Jurnal Dewantara, Vol.03, No.01.

Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: Kencana.

Diterbitkan

2022-10-04

Cara Mengutip

Efendi, R., Elvina, & Hasrijal. (2022). PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PIKIRAN YANG PENUH TAN-YA SELALU INGIN MENGETAHUI DI KELAS V SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO . JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(2), 253-259. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.175