Pelatihan Kemampuan Menyimak dengan Menggunakan Teknik Simak-Terka pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 008 Rambah Samo

Penulis

  • Elvina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania
  • Delia Putri Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania

Kata Kunci:

Kemampuan Menyimak, Teknik Simak Terka

Abstrak

Abstrak: Pelatihan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan menyimak pada siswa kelas IV di SD Negeri 008 Rambah Samo. Pelatihan ini menggunakan teknik simak terka. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan praktek. Pelatihan ini dilakukan selama empat kali kegiatan. Hasil simpulan dari pelatihan kemmapuan menyimak siswa kelas IV menggunakan teknik simak terka sebagai berikut. a) Pada pelatihan pertama tanpa menggunakan teknik simak-terka yaitu terdapat 2 siswa dengan persentase 5% dari 28 siswa yang mampu menyimak isi cerita yang diceritakan. b) Pertemuan kedua hasilnya hanya 5 siswa dengan persentase 10% yang menerka dengan benar c) Pada pertemuan ketiga, siswa terlihat rebutan untuk menerka pendeskripsian yang disampaikan oleh guru. Dari hasil yang dilihat terdapat 20 siswa dengan persentase 71% dari 28 siswa. d) Pelatihan keempat terdapat sebanyak 26 siswa dengan persentase 93% yang ikut menerka dengan benar. Disimpulkan bahwa teknik simak terka dapat meningkatkan kemmapuan menyiak siswa sekolah dasar.

Referensi

Ngalimun dan Nur Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Laydia, Suci Nurjanah. 2020. Peningkatan Keterampilan Menyimak melalui Penerapan Metode Membaca Ujaran pada Siswa Tunarungu Kelas VIII di SLB Arnadya Makasar. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makasar. Makasar.

Rosdia. Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Jurnal Tadulako Kreatif Online. Vol 4 No.8 hlm. 250-267.

Solchan. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: UT

Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tika, Desi Dela. 2021. Permainan Bahasa untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7 No 1 hlm. 1-7.

Diterbitkan

2022-10-04

Cara Mengutip

Elvina, & Putri, D. (2022). Pelatihan Kemampuan Menyimak dengan Menggunakan Teknik Simak-Terka pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 008 Rambah Samo. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(2), 241-245. Diambil dari https://e-jurnal.rokania.ac.id/index.php/jmnr/article/view/174