PELATIHAN RENANG PADA ANAK-ANAK DI PINGGIRAN SUNGAI BATANG LUBUH PASIR PENGARAIAN SEBAGAI BENTUK AN-TISIPASI TENGGELAM

Penulis

  • Arisman STKIP ROKANIA
  • Suhermon PJKR STKIP Rokania
  • Amrizal PJKR STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.173

Kata Kunci:

Anak-anak, Renang, Sungai.

Abstrak

Materi renang di sekolah dasar sebagai materi pilihan dan juga jam belajar yang kurang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan pengetahuan teknik dasar renang pada siswa SD yang berdomisili di pinggiran sungai batang lubuh desa rambah hilir timur. Sebanyak 20 orang siswa tinggal di sekitar pinggiran sungai batang lubuh. Kegiatan ini dengan dilakukan beberapa tahap kegiatan, pemberian teori dan juga pemberian teori serta praktek melalui gerakan sederhana untuk melakukan aktivitas renang. Semua peserta sangat antusiasme untuk mengikuti tiap materi serta gerakan-gerakan aktivitas fisik renang sehingga diharapkan dapat dilakukan setiap hari di darat ataupun langsung praktek di air. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang teknik dasar renang. Peserta dapat  dapat memplementasi dalam bentuk program berkelanjutan. Adapun luaran dari kegiatan ini adalah; 1) Meningkatkan pemahaman siswa tentang teknik dasar renang,  3) Menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal pengabdian nasional tidak terakreditasi.

Referensi

Ahmad, Subagyo. 2007. Studi Ke-layakan Teori dan Aplikasi. Ja-karta: PT Elex Media Komputin-do.

Depkes RI. 2002. Gizi Olahraga Untuk Prestasi. Jakarta.

Eliza, Delfi. 1999. Penuntun Kesehatan dan Gizi Anak. DIP Universitas Negeri Padang.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coach-ing. Bandung: Tambak Kusuma CV

Harsono. Choaching dan aspek-aspek psikologis dalam coaching. Ja-karta; Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK. 1988

Heri Zulfian. 1998. Sejarah Teknik Da-sar Renang dan Peraturan Per-lombaan Renang. Jakar-ta:ErlanggaClement, 1997

Kasiyo Dwijowinoto,1979. Renang, Metoda, pola dan teknik. 1979

Luthan, Rusli. MenujuSehat dan Bugar. Jakarta; Departemen Pen-didikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2002Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pen-didikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud

Mirza, Hapsari Sakti Titis Penggalih, Emy Huriyati. Gaya Hidup, Status Gizi Dan Stamina Atlet Pada Sebuah Klub Sepakbola. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat, Vol. 23, No. 4, Desember 2007. Yogyakarta: UGM

Renstrom & Roux 1988, dalam A.S.Watson : Children in Sport dalam Bloomfield,J, Fricker P.A. and Fitch,K.D., 1992

Rothig dan Grossing. Pengetahuan Training Olahraga. (terjemahan oleh Syafruddin). Padang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Uni-versitas Negeri Padang. 2004

Sabar Surbakti. Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 8 (2) Juli – Desember 2010. Medan. UNIMED

Syafruddin. 2011. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP Press.

Tamyiz Muhammad (2008).Olahraga Renang sebagai terapi penyakit dalam. http://www.blog.muchammadtamyiz.com

Toho, dkk. 2004. Perkembangan Motorik Pada Anak-Anak. Jakarta: Dirjen Olahraga Departemen Pendidikan Nasional.

Diterbitkan

2022-10-04

Cara Mengutip

Arisman, Suhermon, & Amrizal. (2022). PELATIHAN RENANG PADA ANAK-ANAK DI PINGGIRAN SUNGAI BATANG LUBUH PASIR PENGARAIAN SEBAGAI BENTUK AN-TISIPASI TENGGELAM. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(2), 236-240. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.173