Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD Marginal Rambah Hilir

Penulis

  • Rejeki pgsd rokania
  • Eni Marta PGSD STKIP Rokania
  • Abdul Putra Ginda Hasibuan PGSD STKIP Rokania
  • Safrudin Safrudin PGSD STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.172

Kata Kunci:

Kata kunci:  Media Pembelajaran, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang tidak bisa diabaikan dalam pengembangan sistem pengajaran yang sukses. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan atau minat yang baru, membangkitkan motifasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Media yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar adalah media pembelajaran. Media pembelajaran  memiliki beberapa kelebihan antara lain: (1) lebih konkrit dan realistis dalam memunculkan masalah, jika dibanding dengan bahasa verbal; (2) dapat mengatasi ruang dan waktu; (3) dapat mengatasi keterbatasan mata; (4) memperjelas masalah dalam bidang apa saja, dan dapat digunakan untuk semua orang tanpa memandang umur. Dengan ini dilaksanakan pelatihan untuk menumbuhkan pemahaman guru dan siswa tentang  pemanfaatan media dalam pembelajaran. Metode dalam pelatihan ini ada tiga tahapan yaitu, 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksa- naan, dan 3) tahap monitoring dan evaluasi. Dari hasil pelatihan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwasanya mitra sasaran sudah mampu memanfaatkan media dalam pembelajaran.

 

Referensi

Asra, Darmawan dan Riana 2007. Komputer dan Media Pembela-jaran di SD. Dirjendikti : Jakar-ta

Arief S Sadiman, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budi. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Media pembela-jaran. Yokyakarta: Giva Media

Depdiknas. 2006. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Depdikbud. 2013. Teknik Penilaian di SD. Ditjen Dikti Depdiknas. Jakarta.

Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. 2011. Media Pendidi-kan (Cet. VI; Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Heinich R., Molenda M., & Russel, J.D. 2005. Intructional Media and The New echnologies for learning . New York : Prentice Hall Inc Company.

H.B. Sutopo. 2002. Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidi-kan Dasar . Jakarta.

Rusman.2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Diterbitkan

2022-10-04

Cara Mengutip

Rejeki, Marta, E., Putra Ginda Hasibuan, A., & Safrudin, S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD Marginal Rambah Hilir. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(2), 222-226. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.172