PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN WEBSITE SEKOLAH SMK N 1 ROKAN IV KOTO

Penulis

  • detri amelia chandra STKIP Rokania
  • Firman Santosa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania
  • Sriwahyudi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.162

Abstrak

Pemamfaatan  teknologi  di  sekolah  dengan  menggunakan teknologi informasi sebagai media  komunikasi  antara  sekolah  dengan  pihak  pemangku  kepentingan yang melalui  website  sekolah. Dengan adanya website  sekolah akan memberikan manfaat antara lain dapat memberikan konten yang positif  bagi  publik,  berperan  aktif  dalam mewujudkan  internet  sehat dan membuat proses promosi sekolah lebih cepat dan akurat, sehingga wali siswa dan masyarakat dapat  mengetahui  kegiatan  dan  perkembangan  tentang  sekolah  secara  langsung,  serta menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. SMK Negeri 1 Rokan IV Koto merupakan salah satu sekolah negeri yang senantiasa meningkatkan kualitas layanan terutama layanan kepada siswanya. Salah satu upaya dalam  meningkatkan kualitas layanan adalah dengan menghadirkan informasi tentang SMK Negeri 1 Rokan IV Koto pada website sekolah. Untuk itu perlu diadakan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website sekolah bagi guru-guru di SMK Negeri 1 Rokan IV Koto yang dapat meningkatkan kompetensi guru di SMK Negeri 1 Rokan IV Koto dan meningkatkan pemahaman  guru  tentang  pemanfaatan  internet  dan pengelolaan sebuah website, mulai dari pembuatan website, pembuatan artikel, berita, galeri foto dan video dan informasi penting lainnya pada website.

Referensi

Alamsyah Achmad. (2016). STUDI CONTENT MANAGEMENT SYSTEM ( CMS ) DAN PEMBUATAN WEB EDUKASI DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT. 52–57.

Siambaton, M. Z., & Fakhriza, M. (2016). Aplikasi Content Management System (Cms) Pada Joomla Untuk Membuat Web Service. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 1(1), 11–13. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v1i1.32

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (n.d.). ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA. 1–10.

Syukron, Akhmad dan H. Noor. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web pada Puskesmas Winong. Jurnal bianglala informatika, Vol. 13,No.1. (http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/ view/574. Diakses 22 November 2017).

Dewi, S. K dan A.K Garside. (2014). Perancangan Website sebagai Media Promosi dan Penjualan pada Home Industri Abon. Jurnal tekni industri. Vol.15, No.2. (http://ejournal.umm.ac. Diakses 24 November 2017).

Diterbitkan

2022-10-04

Cara Mengutip

chandra, detri amelia, Santosa, F., & Sriwahyudi. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN WEBSITE SEKOLAH SMK N 1 ROKAN IV KOTO. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(2), 227-233. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i2.162