PELATIHAN PENULISAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI MASYARAKAT WONOGIRI

Penulis

  • Siti Isnaniah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Dian Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Endang Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Tiya Agustina Universitas ‘Aisyiah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.116

Abstrak

Abstract:

Abstrak: Kearifan lokal merupakan potensi yang harus dijaga dan dilestarikan di tengah derasnya arus modernisasi dan globalisasi. Salah satu upaya untuk menjaga eksistensi kearifan lokal adalah melalui media penulisan buku cerita anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan tentang penyusunan cerita anak berbasis kearifan lokal. Pengabdian yang dilakukan bagi FLP Wonogiri ini diasarkan pada pertimbangan bahwa FLP Wonogiri belum mendapatkan pelatihan menulis buku cerita anak berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam pelatihan  ini adalah wawancara, presentasi materi, diskusi. Pelatihan ini dilakukan pada bulan Marert 2022. Kegiatan pelatihan ini berimplikasi positif bagi peserta, sebab sebelum diadakannya pelatihan, naskah cerita banyak yang masih menggunakan bahasa remaja, belum mengintegrasikan kearifan lokal. Namun setelah diadakan pelatihan, hasil cerita anak yang disusun semakin inovatif dan variatif dengan memperhatikan beberapa unsur, seperti pemilihan bahasa yang disesuaikan perkembangan kognitif anak, pengintegrasian kearifan lokal, dan pengembangan ide cerita berbasis pendidikan karakter.

 

 

Referensi

Ahyani, L. N. (2010). Metode Dongeng dalam Meningkatkan Perkembangan. Yogyakarta: Madina.

Balaya, Arni Naiyya & Az Zafi, A. (2020). Peranan Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 2–34.

Fauziah, Sifa, W. & S. (2017). Rekonstruksi Buku Cerita Anak Berlatar Kegiatan Kepramukaan Penggalang. Lingua, XIII(1), 51–59.

Humaira, H. W. (2015). Pengembangan Bahasa pada Cerita Anak di Televisi. In Prosiding PESAT. Depok: Universitas Gunadarma.

Imron, Ali & Shobirin, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru MI di Kota Semarang. DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama Dan Pemberdayaan, 21(1), 7–100.

Muchtar, et al. (2016). Mecula dan Herua Ano Laa: Suatu Tinjauan Kearifan Lokal Masyarakat Buton Utara dalam Pemanfaatan Lahan. Sleman: CV Budi Utama.

Munandar, Agung, Mulyadiprana, Akhmad & Apriliya, S. (2018). Penggunaan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Mendong Tasikmalaya di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 152–162.

Rahmawati, Magdalena Chori, Samino, Francine Avanti, & Lianita, P. R. (2021). Pelatihan Menulis Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal bagi Pegiat Literasi Ruang Berbagi Manokwari Papua Barat. Jurnal Abdimas Sosial Dan Humaniora, 2(3), 124–129.

Resmini, N & Juanda, D. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).

Wibowo, A. & G. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaidah, E. (2013). Pemilihan Karakter dalam Cerita Anak dan Teknik Penceritaannya. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 301–311.

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Isnaniah, S., Uswatun Hasanah, D., Rahmawati, E., & Agustina, T. (2022). PELATIHAN PENULISAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI MASYARAKAT WONOGIRI. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 194-203. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.116