PENDAMPINGAN SISWA-SISWA SMK NEGERI 1 RAMBAH DALAM MENULIS CERPEN DI ERA NEW NORMAL

Penulis

  • Rita Arianti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Asih Ria Ningsih Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Misra Nofrita Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Hermawan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Muslim Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.115

Kata Kunci:

cerpen, menulis, pelatihan

Abstrak

Tujuan kegiatan PkM ini adalah untuk melatih siswa agar mampu menulis cerpen dengan baik dan menghasilkan karya cerpen yang bernilai sastra. Metode yang digunakan adalah service learning yang terbagi menjadi dua kegiatan yaitu synchronous dan asynchronous. Anchronous terdiri atas penyampaian materi dan presentasi, sedangkan asynchronous berupa bimbingan penulisan cerpen. Peserta yang mengikuti kegiatan PkM ini adalah sebanyak 30 siswa yang menghasilkan sebanyak 30 cerpen. Hasil pengabdian ini menunjukkan ada 3 kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menulis cerpen antara lain: (1) kesulitan dalam menemukan ide cerpen, (2) pembukaan dalam pengenalan tokoh belum jelas, (3)  sering mengulang kata-kata yang sama  dalam cerpen, dan (4) penggunaan ejaan yang masih benar, (5) pemilihan kosa kata belum jelas. Respon peserta terhadap kegiatan dapat dikategorikan sangat baik (4,50), sedangkan pengetahuan peserta mengenai cerpen tergolong baik, dengan nilai rata-rata masing-masing 3,00. Hal yang masih perlu diperhatikan oleh siswa dalam menulis cerpen adalah pemilihan alur yang tepat dan pengenalan tokoh dan masalah dalam cerpen di awal cerpen secara analogi. Siswa juga perlu meningkatkan minat baca untuk  pemilihan diksi dan kosa kata yang sesuai dalam penulisan cerpen.

Referensi

A. Sayuti. S. (2009). Teks Sastra. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aminudin. (2009). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press

Rampan, Korrie Layun. 2009. Apresiasi Cerpen Indonesia Mutakhir. Jakarta

Bukupopup

Sutejo-Kasnadi. 2009. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Felicha

Syamsi, K. 1999. Peningkatan Keterampilan Siswa SD dalam Menulis. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP.

Lizawati., Sulastriana, E., & Ramaniyar, E. (2020). Pendampingan Menulis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Apresiasi Sastra di SMP Negeri 18 Sungai Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 72–81.

Nofitasari, Nine, F. (2018). Pendampingan penulisan dan publikasi cerita pendek dan puisi bagi penulis muda di Situbondo. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 201, 1(1), 115–124.

Pujianto, A., Subyantoro, A, N. (2015). Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Investigasi Kelompok Dan Model STAD Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 131–139.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249–258. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180

Ramadhani, D,. Basri, I., & A. (2006). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Bahasa , Sastra, Pembelajaran, 2(3), 1–10.

Sudiyati. (2017). Keefektifan pembelajaran berbasis pendidikan kewirausahaan berbantuan buku panduan motivatif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(1), 68–75.

Widyastuti, R, T. (2012). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Model Dari Cerpen Ke Cerpen dan Model Bersafari Pada Siswa SMA. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 29–34.

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Arianti, R., Ria Ningsih, A., Nofrita, M., Hermawan, & Muslim. (2022). PENDAMPINGAN SISWA-SISWA SMK NEGERI 1 RAMBAH DALAM MENULIS CERPEN DI ERA NEW NORMAL . JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 123-131. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.115