LATIHAN DAN TUTORIAL DALAM RANGKA OPTIMALISASI PENILAIAN DIRI (SELF ASSESMENT) BERBASIS GOOGLE FORM BAGI GURU-GURU DI SMP NURUL FALAH KULIM PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.114Kata Kunci:
Tutorial, penilaian diri, google formAbstrak
Salah satu pekerjaan guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan penilaian. Penilaian diartikan sebagai suatu proses pendokumentasian capaian dan kemajuan (progres) hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru. Pada masa pandemic covid-19 saat ini, guru memiliki keterbatasan serta tidak dimungkinkan untuk melakukan penilaian secara langsung, terutama dalam penilaian untuk aspek sikap, baik penilaian dengan cara observasi, penilaian antarteman, maupun penilaian dengan meggunakan jurnal. Bentuk penilaian sikap yang dapat dilakukan oleh guru hanya dengan cara penilaian diri (self assessment) yang diberikan kepada siswa melalui google form. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru-guru di SMP Nurul Falah Kulim, ternyata masih banyak guru yang mengalami kesulitan bagaimana merancang penilaian diri (self assessment) sebagai pengganti bentuk penilaian sikap lainnya yang tidak memungkinkan dilakukan di era pandemi covid-19 ini. Untuk membantu guru dalam merancang penilaian diri (self assessment) dengan menggunakan google form sebagai medianya, maka dilakukanlah pelatihan dan tutorial bagi guru-guru di SMP Nurul Falah Kulim Pekanbaru.
Referensi
Anas, Sujiono.2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Grafindo Persada.
Atmazaki. 2013. Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Prees.
Balitbang Kemendikbud. 2017. Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdfasarkan Kurikulum 2013 Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud
Departemen Pendidikan Nasional.2013. Permen Nomor 81 A/2013, tentang Implementasi Kurikulum 2013.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Tim Direktorat PembinaanSMP. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud Dirjen Dikasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Zunidar. 2018. Guru dan Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan dan Keislaman. 1(2).