Penggunaan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 004 Rambah Samo

Penulis

  • Elvina STKIP Rokania
  • Delia Putri STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.112

Kata Kunci:

Teknik, Permainan Bahasa, Keterampilan Menulis, Puisi

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan  menulis puisi siswa melalui teknik permainan bahasa. Dari data awal kegiatan, pemahaman siswa masih rendah tentang keterampilan menulis puisi. Banyak siswa kurang memahami cara menulis puisi. kurangnya motivasi dalam belajar, hal ini disebabkan karena siswa kurang berminat pada materi tentang puisi, sehingga minat yang kurang tersebut juga mempengaruhi kepuitisan puisi siswa. Kedua, siswa kurang mampu mengembangkan ide-ide untuk membuat puisi. Ketiga, kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa sehingga membuat siswa kesulitan dalam merangkai kata-kata. Keempat, siswa kurang mampu menulis puisi. Dalam  menulis  puisi,  siswa semestinya memperhatikan  unsur-unsur  yang  terdapat  di  dalam  puisi  agar puisi  yang ditulis  menjadi  lebih  indah. Jika  siswa  tidak  mampu menulis  puisi dengan memanfaatkan unsur-unsur puisi, maka puisi tersebut tidak akan indah. Kelima, kurang menariknya teknik atau media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa agar terampil dalam menuis puisi melalui teknik permainan bahasa. Teknik permainan bahasa yang dipilih pada kegiatan ini adalah bisik berantai. Bisik berantai merupakan metode yang menyenangkan bagi siswa karena pada pelaksanaannya, siswa diajak belajar sambil bermain. Kegiatan ini adalah “Penggunaan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 004 Rambah Samo

Referensi

Suparno dan Yunus. Keterampilan Dasar Menulis. Purwanto edy, editor. Jakarta: Universitas Terbuka; 2007. 358 p.

Asep, Kardian. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Puisi dengan Menggunakan Metode Course Review Horay. Jurnal. FKIP Universitas Bale Ban-dung.

Ahmad A. Penerapan Permainan Ba-hasa (Katarsis) Untuk Mening-katkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | J Pendidik Dasar Kampus Ci-biru. 2017;9(2):75.

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Elvina, & Putri, D. (2022). Penggunaan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 004 Rambah Samo. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 188-193. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.112