PELATIHAN PENERAPAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD NEGERI 018 RAMBAH SAMO

Penulis

  • Rinja Efendi STKIP Rokania
  • Abdul Putra Ginda Hasibuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania
  • Hasrijal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania
  • Pariang Sonang Siregar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.105

Kata Kunci:

Pelatihan, Gerakan Literasi Sekolah, Siswa

Abstrak

Maraknya Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang digalakkan pemerintah saat ini untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya membaca, dengan membaca siswa akan lebih cenderung memiliki pengetahuan yang luas dalam menghadapi era digitalisasi ini. Pembelajaran saat ini lebih diarahkan pada aktivitas-aktivitas modernisasi dengan bantuan teknologi canggih dengan harapan dapat membantu siswa dalam mencerna materi pelajaran secara interaktif, produktif, efektif, inspiratif, konstruktif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan program Gerakan Literasi Sekolah serta kendala yang dihadapinya. Hasil akhir yang dicapai dalam kegiatan ini, baik secara kuantitatif maupun kualitatif adalah sebagai berikut ini. 1. Meningkatnya minat siswa terhadap membaca mendorong program GLS, 2. Tenaga pendidik khususnya guru dapat terlibat dalam menerapkan program GLS, 3. Membantu siswa dalam meningkatkan minat baca, 4. Meningkatkan pemahaman siswa dalam program Gerakan Literasi Sekolah, 5. Memfasilitasi siswa dengan membuat mading dan pojok baca di kelas maupun diarea sekolah.

Referensi

Agus, Widayoko.dkk. 2018, jurnal Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan pendekatan Goal-Based Evaluation, Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 16, No. 1.

Aulia, Akbar. 2017. Jurnal Membu-dayakan Literasi Dengan Pro-gram 6M di Sekolah Dasar, Jurnal JPSD, Vol.03, No.01.

Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan, 2017, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Ja-karta: Kemendikbud.

Wiedarti, Pangesti dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Did-aksmen.

Suherli, Kusmana. 2017. Jurnal Peran Gerakan Literasi Sekolah Da-lam Pembelajaran Kreatif-Produktif Di Sekolah Dasar, Jurnal Dewantara, Vol.03, No.01.

Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: Kencana

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Efendi, R., Putra Ginda Hasibuan, A., Hasrijal, & Sonang Siregar, P. (2022). PELATIHAN PENERAPAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD NEGERI 018 RAMBAH SAMO. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 167-173. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.105