PELATIHAN PENGGUNAAN WEB-BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SD ISLAM PLUS YLPI PEKANBARU

Penulis

  • Fauzul Etfita Universitas Islam Riau
  • Arimuliani Ahmad Universitas Islam Riau
  • Johari Afrizal Universitas Islam Riau
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Riau
  • Estika Satriani Universitas Islam Riau
  • Alber Universitas Islam Riau
  • Asnawi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.104

Kata Kunci:

media pembelajaran, pelatihan, media berbasis web

Abstrak

Perubahan sistem pembelajaran yang awalnya diterapkan di sekolah seperti pertemuan tatap muka antara siswa dan guru harus diubah menjadi pembelajaran online melalui perangkat dengan koneksi internet. Tentunya proses pembelajaran ini berdampak pada seluruh sekolah di Indonesia, khususnya di Pekanbaru, Riau. Alhasil, tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau membantu mitra dalam mengurangi kesulitan dengan mengadakan pelatihan pemanfaatan Web Based Learning sebagai Media Pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan langsung di SD Islam Plus YLPI Pekanbaru, dengan menggunakan teknik pelatihan bagi para guru. Para guru diperkenalkan dengan berbagai media pembelajaran berbasis web yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran synchronous dan asynchronous selama pelatihan ini, dan tim Pengabdian kepada Masyarakat mendukung guru dalam menggunakan media pembelajaran yang dianggap sesuai dan cocok untuk semua mata pelajaran di sekolah dasar.

Referensi

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar, 1(2), 131–140.

Basri, M. and balqis. (2021). Pembelajaran E-Learning Di Masa Pandemi. In Osf.Io. https://osf.io/preprints/rb4p3/

Etfita, F., & Wahyuni, S. (2020). Developing english learning materials for mechanical engineering students using padlet. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 166–181. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12759

Istiatin, Marwati, F. S., & AY, B. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Program Penanganan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Guna Meredam Kepanikan Sosial Di Wilayah Desa Gentan. Budimas, 03(02), 269.

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/219

Menrisal, M., & Putri, H. M. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.35134/jpti.v5i2.10

Putra, H., Hanim, H., Teknologi, F., & Universitas, I. (2019). Implementasi Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Pada Sman 1 Bukittinggi Menggunakan Schoology. 2(4), 354–360.

Rizqi, I., & Sumarti, E. (2022). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa pada Materi Semangat Kepahlawanan dan Cinta Tanah Air di MIS Gampong Mutia. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 53–63.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Yuza, E., & Delova, G. (2020). Penanganan Wabah Covid-19 di Tinjau dari Aspek Hukum. Jurnal Analisa Hukum, 1(1), 19–26.

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Etfita, F., Ahmad, A., Afrizal, J., Wahyuni, S., Satriani, E., Alber, & Asnawi. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN WEB-BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SD ISLAM PLUS YLPI PEKANBARU. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 138-143. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.104