PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MENDONGENG DI SD NEGERI 003 RAMBAH
DOI:
https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.103Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Dongeng, MendongengAbstrak
Kurikulum 2013 terdapat nilai-nilai karakter yang harus dicapai oleh siswa, tetapi didalam pelaksanaannya guru lupa bahkan tidak pernah menerapkan nilai karakter tersebut dalam proses pembelajaran. Sekolah hanya mengutamakan kemampuan kognitif siswa. Pendidikan karakter kini menjadi isu sentral yang dibicarakan dalam dunia pendidikan terutama di Sekolah Dasar, karena anak pada usia Sekolah Dasar lebih mudah dalam proses terbentuknya karakter. Melalui ini dilaksanakan pelatihan untuk menumbuhkan pemahaman guru tentang karakter yang dilaksanakan melalui mendongeng. Metode dalam pelatihan ini ada tiga tahapan yaitu, 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap monitoring dan evaluasi. Dari hasil pelatihan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwasanya mitra sasaran sudah mampu menerapkan pendidikan karakter salah satunya melalui kegiatan mendongeng dalam pembelajaran.
Referensi
Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Cetakan I. Bandung:Mizan Media Utama.
Danandjaja, James. 2007. Folklor In-donesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Iain-lain. Jakarta: Grafiti.
Dharma Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rukiyah. 2018. Dongeng, Mendongeng dan Manfaatnya. Jurnal Anuva Vol (2) No (1)
Samani Muchlas dan Hariyanto, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT:Remaja Rosdakarya