PEMANFAATAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF DI TK DIAN PRATAMA JAKARTA TIMUR

Penulis

  • Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari Universitas Indraprasta PGRI
  • Zetty Karyati Program Studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Rahmawati Program Studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.101

Kata Kunci:

Quizizz, Media Pembelajaran, Pengenalan Huruf

Abstrak

Adanya pademi Covid-19, mengharuskan sekolah-sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh, namun pembelajaran daring dirasa kurang cocok bagi pendidikan anak di Taman Kanak-kanak, hal ini menjadi tantangan bagi para tenaga pengajar pendidikan anak di Taman Kanak-kanak, karena mereka harus dapat memaksimalkan media pembelajaran daring yang menyenangkan, namun tetap dapat menstimulus siswanya, sehingga materi tetap tersampaikan dengan baik ke siswanya. Banyak tenaga pengajar terutama tenaga pengajar di TK Dian Pratama yang belum mampu memaksimalkan pembelajaran pengenalan huruf melalui pembelajaran daring. Untuk itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi kepada tenaga pengajar TK Dian Pratama tentang pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran pengenalan huruf selama pembelajaran daring. Dari pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan para tenaga pengajar TK Dian Pratama dapat memberikan pemahaman secara langsung tentang penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran daring untuk menstimulasi siswa dalam mengenal huruf selama pembelajaran jarak jauh. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu observasi, wawancara, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah tenaga pengajar TK Dian Pratama sudah mulai memahami dan dapat mengakses serta mengaplikasikan Quizizz, dan selanjutnya mencoba untuk menerapkannya ke dalam pembelajaran pengenalan huruf.

Referensi

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Hasan, Maimunah. 2010. PAUD (pendidikan anak usia dini). Yogyakarta: Diva Press.

Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, 1–31.

Puspitasari, A., & Rahmawati, R. (2021). The Peran Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai Media Pembelajaran untuk Menstimulasi Minat Membaca Siswa Tk Al-Aflah Jagakarsa Jakarta Selatan. … and Emergence Journal …, 2, 292–297. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/237

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Trisniawati. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.

Usman, & Yuniar, P. (2019). Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf.

Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Puspitasari, A. C. D. D., Karyati, Z., & Rahmawati. (2022). PEMANFAATAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF DI TK DIAN PRATAMA JAKARTA TIMUR. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 132-137. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.101